Kamis, 12 Februari 2009

Oman Si Anak Bali...

Oman!..begitu panggilan Nyoman Prayoga Widhiadana..
Wah kayaknya bakalan panjang ni cerita tentang oman si harry potter(mirip harry kecil)..
Waktu itu,sekitar bulan desember 2007 Oman datang bersama kedua orangtuanya..wah ketika itu kelas sedang berjalan,karena belum ada bagian admin,masuklah oman dan sang ibu ke kelas mengikuti kelas..pas waktunya anak-anak games yang meluluhlantakan kelas,saya mendampingi oman coba gratis kelas jarimatika.belum ada kesan apa apa dari diri saya terhadap oman. Sang ibupun bertanya-tanya tentang Jarimatika..saya akhirnya bertanya,"ibu tahu Jarimatika kami darimana?"
Sang ibupun menjawab, "ada brosur di depan rumah saya" . Wah dalam hati saya, oo brosur yang saya sebarkan di komplek PWI sore sehari sebelumnya,saya sengaja jalan-jalan sore dengan Azzam anak saya dan Gagah keponakan saya sambil membagikan brosur ke rumah-rumah di komplek itu,wah ternyata alhamdulillah membuahkan hasil..
Minggu berikutnya pun tiba,pada hari selasa oman datang bersama mba jum-mba yang setia mengasuh oman-dengan berseragam olahraga yang tertera tulisan di belakangnya Sekolah Internasional BINA GITA GEMILANG. Wow saya terkejut,dalam hati saya berkata, "gile bo' gw bakalan ngajar anak yang sekolah di sekolah internasional"

Pengajaran hari demi hari berlalu..Oman yang ketika itu duduk di bangku kelas4 termasuk anak yang selalu patuh mengerjakan worksheet jarimatika memakai jari tangannya (coz biasanya anak seumuran dia sering curi -curi menghitung dengan logika). Setiap siswa saya perlakukan seperti teman,saya sering bertanya-tanya apa saja tentang murid-murid saya sehingga mereka pun sering berbagi apa yang mereka alami kepada saya. Begitupun terhadap Oman.
Suatu hari Oman bercerita.."Bu,Nilai Matematikaku paling tinggi dibanding teman-teman.." Dalam hati saya penasaran apa ya tujuan sang ibu meleskan anaknya di sini? "Bu Tita Ngerti pelajaran Math ku,kan pake bahasa Inggris?" Saya menjawab,"Bisa donk man..bu tita kan bisa bahasa inggris juga!" dalam hati ups pede bgt gw ngejawab gitu..kalau dia bawa pelajaran math nya kesini gimana? saya langsung mengingat kalkulator di hape kan pake bahasa Inggris..ah..gampang..add tambah equal sama dengan..ntar lah aku liat lagi di hape..HAhaha..katro' bgt gitu loh!

Suatu hari setelah selesai mengerjakan worksheet,teman-temannya main keluar kelas,tapi oman berbeda dengan yang lain,dia mengeluarkan buku ukuran A4 dan menulis karangan..saya dekati oman dan saya tanya,"buku apa itu man?" Nyoman menjawab,"di buku ini saya meringkas apa saja yang saya baca dari buku." "dari buku cerita atau buku pelajaran?" "Buku apa saja bu..tapi saya seringnya dari buku cerita" "coba bu tita lihat" wow..keren banget bo' dia nulisnya pake bahasa inggris..walah-walah aku kalah ni ama anak kelas 4..Dan ternyata hasil tulisan-tulisan nyoman pun diperiksa oleh sang guru di sekolahnya.Dan ada rewardnya lho,1 judul yang dia tulis pasti dapet reward,tapi saya lupa reward apa ya waktu itu si oman cerita..Sudah berlembar-lembar oman menulis karangan ringkasannya..dalam hati lagi berkata,wa..mau donk azzam kayak oman kalo gede nanti..
Suatu hari pun dia bercerita,"kemaren libur aku pergi ke kinokunya bu..?" tanpa malu saya bertanya,"Kinokunya?apaan tu man?" "itu loh bu toko buku di senayan city isinya buku impor semua.Ini bukunya"Oman menunjukan buku yang dia baru beli. Buku itu buku cerita pake bahasa inggris saya lupa judul-judulnya yang jelas buku itu berseri kalo saya bilang seperti buku goosebumps kan ada seri-serinya tu. Oman melanjutkan ceritanya " Bu,aku beli buku ini hasil aku ngumpulin uang.." mendengar statement nya aku langsung kagum dan bertanya,"Oman ngumpulin uang dari mana?uang jajan?" "mamaku ngasih uang 50 ribu kalau aku dapet nilai 80 di pelajaranku,tapi dapat tambahan dari mama untuk beli buku-buku ini" "kalau 70 gimana?berapa dapetnya?" Ya..Ga dapet..!" dalam hati saya berdecak kagum pada sang bunda dan oman. Motivasi yang sangat bagus yang diterapkan bundanya,nilai 80 itu bisa terbilang bagus..Jadi anak terus berpacu dalam prestasinya.Dan jangan sampai anak puas dengan nilai 70..Yang lebih saya kagumi adalah oman..dia mendapatkan uang itu untuk dia belikan buku..anak seumuran dia kan kalau punya uang pasti belinya mainan..tapi Oman berbeda dengan kebanyakan anak..Wa...saya jadi lebih penasaran bagaimana ya cara bundanya mendidik dia?padahal bundanya kerja lho..hebat ya sang bunda!pinginnn sekali bertanya sekali ke bundanya..dan pinginnn juga Azzam seperti itu....

Saya pikir Oman kerjaannya baca buku..teruss..tapi ternyata ga loh!Saya pernah bertanya,"Man,liburan kemana aja?" Dia menjawab,"Di rumah aja.." ,"Ngapain?" "Main Games.." "PS?" "Ga,aku ga punya PS, aku main games di komputer,games online"..Wa..aku ko jadi ngefans berat sama Oman.Dalam artian fans positif lho..sekali lagi pinginnn Azzam juga seperti itu..Bisa membagi waktu dan kalau main games tidak sampe keranjingan hanya sekadar refreshing.Dan tentunya meningkatkan potensi anak sejak dini tanpa harus di paksa sama orangtua.(seperti oman yang sering membaca dan menulis dalam english)

Dan satu lagi..ternyata Nyoman tidak terlalu suka dengan hal-hal yang ramai..tapi Sang Bunda tetap "menjorokkan" pada kegiatan yang sifatnya bisa lebih bersosialisasi terhadap teman-temannya. Contohnya pada kegiatan Jambore Jarimatika,Oman tidak mau ikut..tapi Sang Bunda tetap mendaftarkannya..Dan Seminggu sebelum Jambore kami mengadakan simulasi Jambore plus ada kegiatan outboundnya,Dan Oman pun tidak mau ikut dalam simulasi itu..tapi hari H nya dia dianter oleh sang Bunda..
Bu tita kasih Seratus jempol buat oman..

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
RUMAH BINTANG © 2008. Template Design By: SkinCorner