Kamis, 12 Februari 2009

Dinda...Dini...

Dinda Dini..unik ya namanya..2 siswa kakak beradik ini adalah siswa senior..kenapa saya sebut senior karena mereka berdua adalah siswa terlama kami,mereka terdaftar menjadi siswa Rumah Bintang sejak kami berdiri..dan semangat mereka selalu berada di atas..ya walaupun setiap liburan mereka tidak pernah datang ke rumah bintang...hihi..

sekitar bulan Juli 2007 Dinda dan keluarga datang ke tempat kami,kebetulan saya sedang tidak berada di tempat ,saya sedang di rumah mama.Mereka pun datang ke rumah mama.

Sang ibunda dinda pun bercerita.."bu tita..dinda di sekolahnya sudah bertahun-tahun belajar sempoa tapi ko 10 + 5 aja ko masih bingung ya...,ada apa dengan anak saya?"

Lalu saya pun menjawab kegelisahan sang ibu, "begini bu proses di jarimatika tidak terlalu lama seperti proses metode-metode lain. Jarimatika menghitung langsung dengan jari-jari tangan...biasanya anak yang sudah belajar sempoa akan mudah menerapkan Jarimatika karena rumus-rumusnya mirip..,misalnya 10 + 5 anak hanya mengeluarkan telunjuk kiri dan jempol kanan dan hasilnya..15!mudah bukan?"

Keesokan harinya sang ibu datang bersama kedua anaknya dengan bersepeda..(dalam hati saya, wa..kompak banget tu keluarga..)

Proses belajar dari bulan ke bulan berlalu.dan hasilnya Dinda menjadi cepat dalam berhitung dan nilai matematika Dinda paling tinggi dibanding nilai pelajaran lain.Terlihat pada nilai matematika menjadi bagus..

Yang lebih unik si Dini,memang pada prosesnya dini lebih lama dibanding kakaknya.terutama di level 2, sekali pertemuan dini hanya mengerjakan paling banyak 2 kolom dan itu banyak yang salah...kelemahannya pada pengurangan,dia sering lepas konsentrasinya kalau menghadapi pengurangan..hanya kesabaran menghadapinya,tapi saya yakin bahwa dia pasti bisa..dan ternyata ketika di level 3 .... kemampuannya dalam menghitung ratusan (memakai jari) melebihi siswa-siswa lain yang berada di level 3...Ada kepuasan dan kebanggaan dalam hati saya sebagai pengajarnya. Dan saya mempunyai kesimpulan. Kita jangan mengharapkan hasil kerja(belajar)anak secara instan . Semua anak bisa dalam menguasai suatu ilmu ,yang berbeda adalah kecepatan mereka..Dan kita perlu dukungan dan pengertian Orangtua,bahwa anak membutuhkan proses....

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
RUMAH BINTANG © 2008. Template Design By: SkinCorner