Kecerdasan majemuk (multiple intelligence) saat ini telah menjadi satu istilah yang populer. Sekolah-sekolah menawarkan pada masyarakat bahwa mereka akan mendidik siswanya dengan memperhatikan kecerdasan majemuk. Apa arti istilah kecerdasan majemuk? Bagaimana kita dapat mengenali aspek kecerdasan majemuk anak kita? Bagaimana mengembangkannya?
Sejarah
Kecerdasan majemuk adalah sebuah teori psikologi dan sekaligus teori pendidikan yang pertama kali digagas oleh seorang psikolog bernama Howard Gardner. Teori ini pertama kali dilontarkan pada bukunya di tahun 1983, Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Teori ini menyatakan bahwa manusia itu memiliki berbagai macam kecerdasan, dan setiap individu memiliki tingkat yang bervariasi untuk setiap jenis kecerdasan tersebut. Karena itu, setiap orang memiliki "profil kognitif" yang unik.
Teori Gardner ini berpendapat, bahwa definisi kecerdasan yang selama ini dianut, tidak mampu menggambarkan berbagai kemampuan yang dimiliki manusia. Contohnya, Andi yang mudah menghafal perkalian belum tentu secara keseluruhan lebih cerdas dibanding Joni yang sulit menghafal. Mungkin Joni lebih cerdas dalam aspek yang lain atau mungkin harus belajar dengan cara yang lain.
Gardner juga berpendapat, sekolah tidak boleh bersandar pada satu kurikulum baku. Sekolah harus mampu menawarkan "pendidikan yang berpusat pada individu." Dengan demikian, kurikulum disusun berdasarkan kebutuhan unik masing-masing anak. Ini juga termasuk membantu murid meningkatkan aspek kecerdasan yang kurang.
Teori ini mendapatkan kritikan luas dari kalangan psikologi dan pendidikan. Kritik yang paling umum adalah bahwa teori Gardner ini didasarkan pada intuisinya saja, bukan berdasar data empiris. Kritik ini juga menyatakan bahwa aspek kecerdasan yang disebutkan Gardner hanyalah nama lain dari bakat atau tipe kepribadian.
Walaupun demikian, teori ini sangat diterima di kalangan pendidik selama dua puluh tahun terakhir. Banyak sekolah menggunakan teori ini sebagai sebuah pedagogi, dan banyak guru yang memasukkan sebagian atau seluruh teori ini dalam cara mengajar mereka. Berbagai buku dan bahan ajar dibuat untuk menjelaskan teori dan penerapannya di dalam kelas.
Aspek Kecerdasan Majemuk
Apa saja aspek kecerdasan yang telah diidentifikasi oleh Gardner? Penjelasan berikut dapat memandu Anda untuk mengenali tipe kecerdasan yang menonjol pada anak Anda:
a. Linguistik. Kecerdasan linguistik-verbal berhubungan dengan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Biasanya anak dengan kecerdasan ini menonjol dalam membaca, menulis, bercerita, mengingat kata dan bahasa. Pekerjaan yang cocok bagi orang dengan kecerdasan ini adalah penulis, ahli hukum, filosof, politisi dan guru.
b. Logis-matematis. Kecerdasan ini berhubungan dengan logika, abstraksi, penalaran induktif dan deduktif, serta angka. Kecerdasan ini lebih mengarah pada kemampuan penalaran, pengenalan pola abstrak, berpikir ilmiah dan penyelidikan, serta mampu mengerjakan perhitungan yang kompleks. Karir yang cocok untuk orang dengan tipe ini adalah ilmuwan, ahli matematika, dokter dan ahli ekonomi.
c. Visual-Spasial. Kecerdasan ini berhubungan dengan penglihatan dan pemahaman spasial. Anak yang menonjol dalam aspek ini sangat bagus dalam memvisualisasikan dan memanipulasi objek secara pikiran. Ingatan visualnya sangat kuat dan biasanya artistik. Biasanya anak seperti ini juga pandai menentukan arah mata angin dan memiliki koordinasi tangan-mata yang bagus. Karir yang cocok untuk orang tipe ini adalah seniman, insinyur, dan arsitek.
d. Kinestetik. Aspek ini berhubungan dengan gerakan dan kegiatan fisik. Anak yang menonjol pada aspek ini sangat mahir dalam aktivitas fisik seperti olahraga dan menari. Biasanya anak ini dapat belajar dengan baik bila sambil melakukan aktivitas fisik tertentu. Kecerdasan ini sangat dibutuhkan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan menari, olah raga, bedah, kerajinan dan sejenisnya.
e. Musikal. Kecerdasan ini berhubungan dengan ritme, musik dan pendengaran. Anak yang menonjol kecerdasan musikalnya lebih sensitif pada suara, ritme, warna suara, dan musik. Anak ini bisa bernyanyi, bermain alat musik bahkan menggubah musik. Anak ini sering menggunakan lagu dan ritme untuk belajar dan mengingat sebuah informasi. Pekerjaan yang cocok adalah musisi, penyanyi, konduktor, dan penggubah.
f. Naturalis. Kecerdasan ini berhubungan dengan alam dan pengklasifikasian. Aspek kecerdasan ini bukan bagian orisinal dari teori Gardner tentang Kecerdasan Majemuk. Anak yang menonjol dengan kecerdasan ini lebih sensitif pada alam dan lingkungan sekitarnya. Ia mampu menumbuhkan dan memelihara tanaman, mudah memelihara, menjinakkan, dan berhubungan dengan binatang. Dengan mudah anak ini mengenali dan membedakan berbagai spesies. Karir yang cocok untuk kecerdasan ini adalah ilmuwan, naturalis, ahli konservasi, dan petani.
g. Interpersonal. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berhubungan dengan orang lain. Biasanya anak yang menonjol pada kecerdasan ini cenderung ekstrovert dan sensitif pada perasaan orang lain. Anak ini mudah bekerja sama dalam kelompok. Ia dengan mudah berkomunikasi dan berempati pada orang lain, baik saat sebagai pemimpin maupun sebagai anak buah. Ia dapat belajar dengan baik melalui kerja sama dengan orang lain. Ia juga menyukai diskusi dan debat. Karir yang sesuai dengan tipe kecerdasan ini adalah : politisi, manajer, pekerja sosial, diplomat.
h. Intrapersonal. Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan instropeksi dan refleksi diri. Anak dengan kecerdasan ini cenderung introvert dan lebih suka melakukan sendiri. Biasanya anak in mampu memahami emosi, tujuan dan motivasinya sendiri. Ia dapat belajar dengan baik bila diperbolehkan untuk berkonsentrasi pada hal yang diinginkannya sendiri. Karir yang sesuai dengan kecerdasan ini adalah : ahli filsafat, psikolog, teolog dan penulis.
Mengenali Kecerdasan Anak Anda
Secara lebih sederhana, Anda dapat mengenali aspek kecerdasan yang menonjol atau kurang menonjol pada anak Anda dengan membandingkannya dengan tabel berikut ini.
ANAK YANG MENONJOL PADA ASPEK:
CARA BERPIKIRNYA
MENYUKAI
MEMBUTUHKAN
Linguistik
dalam kata-kata
membaca, menulis, bercerita, permainan kata
buku, tape rekaman, alat tulis, kertas, buku harian, dialog, diskusi atau debat
Logis- Matematis
dengan penalaran
percobaan, mempertanyakan, bermain puzzle, berhitung
benda dan alat untuk eksplorasi dan dipikirkan, bahan-bahan sains, kunjungan ke planetarium atau museum sains
Spasial
dengan bayangan dan gambar
merancang, menggambar, memvisualisasikan, corat-coret
seni, LEGO, video, film, gambar, permainan imajinasi, maze, puzzle, buku bergambar, museum seni
Kinestetik
melalui rangsangan secara fisik
menari, berlari, melompat, membangun sesuatu, menyentuh
meniru (role play), drama, bergerak, mainan susun, olah raga, permainan fisik, belajar secara aktif
Musikal
dengan ritme dan melodi
menyanyi, bersiul, bersenandung, mengetukkan kaki dan tangan, mendengar
bernyanyi, menonton konser musik, bermain musik di rumah/sekolah, punya alat musik
Inter-personal
dengan melontarkan gagasan ke orang lain
memimpin, berorganisasi, berhubungan dengan anak lain, menengahi
teman, kelompok bermain, pertemuan sosial, kegiatan kemasyarakatan, mentor
Intra-personal
dengan berpikir dalam-dalam sendiri
menetapkan tujuan, merenung, bermimpi, berdiam diri
tempat rahasia, waktu untuk menyendiri, pekerjaan yang ditentukan sendiri targetnya, pilihan-pilihan
Menurut Gardner, tingkat setiap aspek kecerdasan pada masing-masing orang bukanlah harga mati. Semuanya dapat diasah dan dikembangkan dengan pendekatan-pendekatan tertentu.
Sumber:
www.wikipedia.org
KENALI KECERDASAN MAJEMUK ANAK ANDA
Secara lebih spesifik, kuis berikut dapat membantu Anda mengidentifikasi aspek kecerdasan yang relatif lebih menonjol dibandingkan dengan aspek yang lain pada anak. Kuis berikut ini adaptasi dari kuis yang disusun oleh Michael Bergman dalam bukunya, A Multiple Intelligences Road To An ELT Classroom.
PETUNJUK PENGISIAN
1. Isilah setiap pernyataan berikut dengan nilai :
• 0 : bila Anda tidak setuju dengan pernyataan yang diberikan
• 2 : bila Anda sangat setuju dengan peryataan yang diberikan
• 1 : bila Anda ragu-ragu atau setengah setuju dan setengah tidak.
2. Kemudian jumlahkan skor untuk setiap aspek kecerdasan.
3. Aspek yang mendapatkan skor tinggi relatif dibanding aspek yang lain memberikan gambaran aspek kecerdasan yang menonjol pada anak Anda.
KUIS
Kecerdasan Interpersonal
a.
______
Anak Anda sering menjadi pemimpin dalam permainan
b.
______
Anak Anda senang mengobrol dengan temannya
c.
______
Anak Anda sering menolong temannya
d.
______
Anak Anda sering menjadi tempat curhat temannya
e.
______
Jumlah teman anak Anda banyak
f.
______
Anak Anda menjadi anggota beberapa klub kegiatan
______
TOTAL UNTUK KECERDASAN INTERPERSONAL
Kecerdasan Intrapersonal
a.
______
Anak Anda suka menonton tv sendirian
b.
______
Anak Anda suka belajar menyendiri
c.
______
Anak Anda mampu mengatakan apa yang menjadi kemampuannya
d.
______
Anak Anda suka menghabiskan waktu untuk menyendiri
e.
______
Terkadang sikap anak Anda dianggap aneh oleh temannya
f.
______
Anak Anda mampu belajar dari kesalahan yang dibuatnya
______
TOTAL UNTUK KECERDASAN INTRAPERSONAL
Kecerdasan Logis - Matematis
a.
______
Anak Anda mampu menghitung di luar kepala
b.
______
Anak Anda suka mengelompokkan barang-barang
c.
______
Anak Anda menyukai permainan semacam halma atau catur
d.
______
Anak Anda menyukai permainan angka
e.
______
Anak Anda tertarik bermain komputer
f.
______
Anak Anda suka bertanya cara kerja suatu benda
______
TOTAL UNTUK KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS
Kecerdasan Linguistik
a.
______
Anak Anda suka membaca buku dan majalah
b.
______
Anda menilai anak Anda adalah pembaca yang baik
c.
______
Anak Anda suka bercerita atau membuat lelucon
d.
______
Anak Anda dapat mengingat nama teman-temannya dengan mudah
e.
______
Anak Anda suka mengucapkan kata-kata sulit
f.
______
Kosa kata anak Anda sangat bagus
______
TOTAL UNTUK KECERDASAN LINGUISTIK
Kecerdasan Kinestetik
a.
______
Anak Anda sulit berdiam diri untuk waktu yang lama
b.
______
Anak Anda mudah menirukan gerakan orang lain dengan tepat
c.
______
Anak Anda suka bermain permainan balok, mekanik
d.
______
Anak Anda suka berolah raga
e.
______
Anak Anda sering membuat model mobil, orang atau binatang dari lilin
f.
______
Anak Anda suka menari atau senam
______
TOTAL UNTUK KECERDASAN KINESTETIK
Kecerdasan Spasial
a.
______
Anak Anda mampu menunjukkan arah rumah saat berjalan-jalan
b.
______
Anak Anda suka kegiatan seni rupa
c.
______
Gambar anak Anda relatif lebih bagus dibanding teman sebayanya
d.
______
Film dan gambar sangat memudahkan anak Anda dalam menyerap informasi baru
e.
______
Anak Anda menyukai buku yang banyak gambarnya
f.
______
Anak Anda suka bermain puzzle
______
TOTAL UNTUK KECERDASAN SPASIAL
Kecerdasan Musikal
a.
______
Anak Anda mampu menyanyikan banyak lagu
b.
______
Anak Anda dapat menyanyikan lagu dengan nada yang tepat
c.
______
Anak Anda tertarik memainkan alat musik dan mampu memainkannya dengan cepat
d.
______
Anak Anda dapat merasakan bila mendengar nada lagu yang sumbang
e.
______
Anak Anda sering mengetukkan jari secara berirama
f.
______
Anak Anda sering bersenandung dan bernyanyi
______
TOTAL UNTUK KECERDASAN MUSIKAL
Kecerdasan Naturalis
a.
______
Anak Anda menyukai kegiatan luar
b.
______
Anak Anda suka mendengarkan suara burung, jangkrik atau suara alam lainnya
c.
______
Anak Anda dapat membedakan jenis-jenis tumbuhan dan binatang
d.
______
Anak Anda mampu membedakan, mana ular berbisa atau tidak
e.
______
Anak Anda suka mengamati tanaman dan/atau mengumpulkan batuan
f.
______
Anak Anda senang memelihara tanaman atau binatang
______
TOTAL UNTUK KECERDASAN NATURALIS
Nah, kuis ini hanyalah sebuah cara sederhana untuk mengetahui kelebihan anak Anda. Dan juga dengan mengetahui aspek yang kurang menonjol, Anda dapat menentukan cara belajar yang tepat bagi anak Anda.
Sumber:
www.anglolang.com/uploads/MutipleIntelligencesCheck.doc Share
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar